6 Bank akses SID tanpa alasan jelas


OLEH FAJAR SIDIK
Bisnis Indonesia

JAKARTA Bank Indonesia menemukan enam bank yang menggunakan sistem informasi debitur (SID) dengan alasan yang tidak jelas. Analis madya BI Nur Asyura Anggini Sari mengatakan pada tahun lalu ada sekitar lima hingga enam bank yang mengakses informasi debitur pada sistem BI namun tidak memiliki dokumen pengajuan kredit dari debitur [underlying document) yang jelas.

“Sudah ada bank yang terkena denda Rp50 juta, dan petugasnya mendapat sanksi tegas. Pada 2009 [BI] bisa onside 5-6 bank, dan biasanya baru ketahuan setelah dilakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan karena dicurigai penggunaan akses data yang berlebihan,” tuturnya kemarin.

Anggini menjelaskan selama tahun lalu kelompok bank asing tercatat paling agresif menggunakan informasi debitur yang termasuk dalam biro informasi kredit (BIK). Hal itu, diduga terkait dengan tren ekspansi bisnis kelompok bank terse-but yang menggenjot pasar kredit tanpa agunan termasuk kartu kredit.

Sampai dengan Maret 2010 jumlah permintaan informasi debitur yang tercatat oleh BI mencapai 3,1 juta pengguna per bulan. Jumlah itu meningkat dari posisi akhir tahun lalu sebesar 2,7 juta pengguna per bulan. Jumlah bank umum yang tercatat menjadi pelapor untuk sistem informasi debitur sebanyak 121 bank dan 879 bank perkreditan rakyat, serta 10 perusahaan pembiayaan, di antaranya Buana Finance, GE Finance, dan AEON Finance.Adapun jumlah debitur yang tercatat hingga Maret 2010 sudah mencapai 43,9 juta nasabah.

Anggini menambahkan, sesuai dengan ketentuan setelah dilakukan pemeriksaan terhadap bank yang melanggar PBI No.9/2007 tentang Sistem Informasi Debitur ditegaskan setiap pengguna informasi debitur harus memiliki tujuan yang jelas dan underlying document. Namun, lanjut dia, beberapa bank ditemukan tidak memiliki persyaratan yang ditentukan itu. sehingga dikenakan denda tersebut.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: