ANZ Rampungkan Akuisisi RBS di Indonesia


Senin, 14 Juni 2010 13:18 WIB

Jakarta (ANTARA News) – Australia and New Zealand Banking Gorup Limitted (ANZ) akhirnya menyelesaikan proses akuisisi atas bisnis retail, komersial dan perbankan swasta Royal Bank of Scotland (RBS) di Indonesia, sekaligus menandai rampungnya seluruh proses akusisi bisnis RBS oleh ANZ di enam negara di Asia. 

CEO ANZ untuk Asia Pasifik, Eropa dan Amerika Alex Thursby dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin menyebutkan, ANZ sekarang memiliki bisnis berskala besar di Indonesia dengan 28 kantor cabang di 11 kota.

Hal ini menempatkan perusahaan yang berasal dari Australia dan Selandia Baru tersebut pada posisi yang kuat dalam memberikan layanan perbankan retail yang fokus pada hubungan nasabah dari kalangan atas (affluent retail clients).

“ANZ memiliki lebih dari 900.000 nasabah di Indonesia, dan kami akan terus berinvestasi untuk mendukung nasabah kami di di pasar utama ANZ termasuk Indonesia,” katanya.

Indonesia merupakan pasar ke enam dan terakhir, di mana bisnis RBS telah bertransisi menjadi ANZ, setelah selesainya proses akuisisi di Filipina, Vietnam, Hong Kong, Taiwan dan Singapura.

“Kami telah menyelesaikan proses akuisisi RBS di enam negara, sehingga akan mempercepat pelaksanaan strategi regional kami yang jitu serta pengembangan basis usaha yang kuat untuk bisnis perbankan retail, wealth dan commercial di seluruh wilayah,” kata Alex.

ANZ telah mentransformasi 18 kantor cabang dan 29 ATM RBS di Indonesia dengan brand ANZ, serta proses pemindahan para nasabah dan karyawan RBS menjadi ANZ juga berlangsung tanpa gangguan yang berarti.

ANZ juga akan membuka satu kantor cabang baru di Palembang, ibu kota Sumatra Selatan, sehingga ANZ akan memiliki 28 kantor cabang di 11 kota besar di Indonesia.

Sementara itu, nasabah RBS yang terdahulu akan tetap dilayani oleh relationship manager yang sama dan akan terus dapat memiliki akses ke kantor cabang, ATM, layanan perbankan online serta 17.000 jaringan ATM Bersama di seluruh Indonesia.

ANZ telah beroperasi di Indonesia sejak 1973, dan kini ANZ menawarkan beragam layanan perbankan menyeluruh, termasuk perbankan retail, kesehatan, komersial, institutional dan swasra.
(M041/B010)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: