Proses Aplikasi Kartu Kredit


1. Penawaran Aplikasi dan Pengisian formulir dan pengiriman data pendukung.

Ada beberapa channel penawaran aplikasi kartu kredit :

  • Sales counter di mal2, lounge, etc.
  • Online melalui website
  • Telesales melalui telepon.

Pengisian formulir dapat dilakukan:

  • Isi sendiri
  • Diisikan sales

Pengiriman formulir dan data pendukung:

  1. Dititipkan ke sales
  2. Diambil oleh kurir bank
  3. Dititipkan ke kantor cabang bank (pemberi kartu kredit)
  4. Dikirimkan langsung ke alamt Card Center melalui pos/kurir.
  5. Elektronik (E-mail attachment atau Fax)


Perlu Diperhatikan Baik-baik:
– Catat baik2 nama dan no kontak sales/telesales yang menawarkan ke anda. Ini penting apabila anda perlu menghubungi mereka sewaktu2.
– Apabila anda memberikan supporting dokumen berupa Kartu Kredit yang anda miliki sebelumnya, pastikan anda menutup 3 angka CVV (3 angka terakhir dibelakang kartu) untuk jenis VISA dan MasterCard. Hal ini untuk mencegah kartu anda disalahgunakan.
– Minta no aplikasi anda, hal ini berguna sebagai no referensi saat anda berkomunikasi dengan pihak bank. Apabila tidak ada, no ktp bisa juga dijadikan identitas anda saat berkomunikasi dengan pihak bank.
– Kalau memungkinkan, minta aplikasi anda difotocopy sehingga saat dikonfirmasi oleh analist jawaban anda tepat dan sesuai yang anda tulis di aplikasi.

2. Tahap Scoring
Setelah menerima formulir aplikasi dan data2 pendukung, bank akan memasukkan data2 anda ke komputer, yang akan memberikan nilai (scoring) tingkat kelayakan applicant (orang yang mencoba apply) untuk mendapatkan kartu kredit. Angka scoring ini secara otomatis di-generate oleh komputer.

Semisal: syarat umur min 21 tahun, sementara anda baru berusia 19 tahun, maka secara otomatis aplikasi anda ditolak karena tidak memenuhi syarat.

3. Proses Verifikasi Data
Setelah lolos scoring test, bank akan melakukan verifikasi untuk memastikan bahwa data2 tersebut benar. Dalam melakukan verifikasi, bank biasanya meng-outsourcing-kan ke perusahaan2 yang memang memberikan jasa verifikasi. Petugas pelaksana verifikasi akan menelepon ke rumah, kantor, tempat usaha, dan no kontak emergency (keluarga yg tidak serumah).

Apabila anda adalah karyawan, petugas akan menghubungi bagian HRD atau keuangan atau atasan langsung, untuk mengkonfirmasikan data pekerjaan termasuk lama kerja, jabatan dan gaji. Terkadang, apabila diperlukan, petugas pelaksana verifikasi akan datang secara langsung ke kantor atau rumah. Mereka juga mungkin akan memotret rumah atau kantor anda. Perlu diingat bahwa kartu kredit adalah pinjaman tanpa agunan yang resiko-nya sangat tinggi sehingga bank perlu benar2 yakin untuk memberikan anda fasilitas ini. Jadi jangan heran atau kaget apabila sepertinya bank begitu ketat dan niat-nya untuk melakukan verifikasi.

4. BI Checking (SID) /AKKI Checking
Perlu anda ketahui bahwa setiap kali anda mendapatkan fasilitas kredit dari bank atau lembaga keuangan lainnya, data tersebut akan dilaporkan dan dimasukkan dalam Sistem Informasi Debitur (SID) yang dikelola oleh Bank Indonesia (BI).

SID ini akan menampilkan seluruh data fasilitas kredit yang anda miliki dalam 2 tahun terakhir, termasuk plafon kredit, angsuran, kelancaran pembayaran angsuran, dan yang paling penting, apakah ada tunggakkan.

Semisal anda memiliki fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bang Sarana Adiguna Terpercaya (Bang SAT) sebesar 40jt dengan angsuran 2,5jt per bulan selama 36 bulan dan ternyata sudah tidak membayar selama 2 bulan terakhir (menunggak). Apabila anda mengajukan aplikasi KK atau KPR dari bank2 lain, sudah dipastikan aplikasi anda akan ditolak karena anda tidak lolos BI Checking.

5. Analisa oleh analyst

Apabila applicant lolos scoring, verifikasi, dan lolos BI checking maka berkas2 tersebut akan diteruskan ke
analyst untuk dianalisa kelayakannya. Berdasarkan data di formulir aplikasi, data2 pendukung, dan pengalaman pribadi analyst, analyst akan menentukan apakah aplikasi tersebut diterima dan dengan limit berapa. Apabila diperlukan, analyst akan menghubungi applicant untuk meminta konfirmasi atau apabila ada pertanyaan tertentu.

6. Pencetakan dan Pengantaran Kartu
Setelah ada keputusan dari analyst, beberapa bank (tidak semua dan tidak selalu) mengirimkan surat/sms
pemberitahuan penolakan atau disetujui-nya applikasi anda.

Kalau disetujui, kartu akan dicetak dan diantarkan oleh kurir. Apabila anda tidak dapat menerima secara langsung kartu tersebut, jangan lupa menyiapkan surat kuasa bagi penerima kartu.

7. Aktivasi Kartu
Untuk alasan keamanan, pada saat dikirimkan, kartu anda belum diaktifkan.
Anda perlu mengaktifkan kartu tersebut dengan cara menghubungi Call centre/mengirimkan sms ke no tertentu. Langkah2 pengaktifan kartu ini tertera jelas dalam welcome letter (dimana kartu baru anda ditempelkan). Jangan lupa menandatangani di tempat yang disediakan bagian belakang kartu kredit anda.

disadur dari berbagai sumber.

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: